Informasi tekhnologi, travelling, masakan dan berbagai hal menarik

Resep Kue Pie Susu Keju Lembut Manis

adalah salah satu makanan manis yang banyak di favoritkan masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan lembut membuat beberapa orang jatuh hati dan gemar ngemil makanan ini. Bentuk pie susu memang tidak terlalu besar. Dengan ukuran yang pas kue pie susu tidak mengenyangkan namun bisa membuat waktu senggang mu diisi dengan obrolan dan camilan pendamping yang pas. Ada banyak juga Kue pie susu yang beredar yang pastinya memiliki cita rasa yang beragam. Beberapa diantaranya sudah mengalami perubahan sesuai dengan selera masing-masing orang?


Salah satu kue pie susu yang sudah mengalami variasi rasa adalah resep kue pie susu keju. Nah, kue pie susu keju ini tentunya adalah satu jenis resep kue basah yang memiliki tambahan rasa keju di dalamnya. Keju dalam kue pie susu ini bisa kamu rasakan dari taburan parutan keju batang di lapisan susu dari kue pie ini atau bahkan tersimpan di dalam kue pie. Ngomong-ngomong soal kue pie, makanan yang satu ini seringkali dijadikan salah satu oleh-oleh yang akan dibawa pulang seseorang yang baru saja berkunjung ke pulau Bali. Tidak bisa dipastikan sejak kapan kue pie susu menjadi oleh-oleh khas Bali, namun pastinya penjual kue pie susu tak hanya ada di Bali saja saat ini.

Meskipun banyak dijadikan sebagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang dari Bali, namun sampai sekarang asal muasal kue pie susu ini masih belum diketahui secara pasti. Apakah memang berasal dari Bali? Atau hanya karena di Bali banyak penjual resep kue pie susu yang enak tepatnya di kawasan wisata dan pusat penjualan oleh-oleh. Tapi pastinya sedih bukan jika kita harus menunggu salah satu teman atau kerabat kita berkunjung ke Bali dulu dan pulang membawakannya sebagai oleh-oleh setiap kita ingin menikmati kue pie susu ini?


Bahan / Bumbu :
  • Tepung terigu 500 gram
  • 2 butir telur ayam (ayam kampung lebih bagus)
  • Garam halus secukupnya
  • Mentega 250 gram
  • 6 telur ayam
  • Air
  • Susu putih kental manis
  • Keju
Cara Membuat :
  1. Siapkan tepung terigu tadi da campurkan dengan mentega dan garam secukupnya ke dalam sebuah wadah. Aduk ketiga bahan tadi sampai semuanya tercampur dengan sempurna.
  2. Masukan satu butir telur, dan aduk kembali. Gunakan tangan supaya lebih tercampur merata, lalu sisihkan.
  3. Ambil wadah lain untuk membuat isi nya dengan memasukan 6 kuning telur yang dicampur dengan sekaleng susu putih. Kocok dengan alat pengocok hingga berbusa.
  4. Siapkan cetakan kue pie, tuangkan adonan yang pertama untuk membuat kulit pie-nya. Ratakan dengan tangan supaya lebih rapi. Membutuhkan teknik khusus untuk membentuk tepian pie.
  5. Letakkan potongan keju, bentuk dadu kecil-kecil ke bagian tengah, lalu tuangkan adonan isi tadi yang terbuat dari kuning telur dan susu. Lakukan berulang sampai adonan habis.
  6. Tata satu persatu cetakan pie tadi ke dalam sebuah loyang, lalu masukan ke dalam oven dan tunggu 15 menit.
  7. Untuk mengetahui apakah kue pie sudah matang atau belum bisa dengan cara menusuk bagian tengah atau isi pie dengan tusuk gigi atau garpu.




Resep Kue Pie Susu Keju Lembut Manis