Sunday, June 25, 2017

Resep Nasi Liwet Ala Sunda

Resep Nasi Liwet Ala Sunda Komplit memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan  daerah lainnya. Sebab bahan-bahan yang digunakan pun lebih banyak ke arah gurih sesuai dengan khas sunda. anda pasti mengetahui mengenai jenis masakan yang satu ini bukan. Nasi liwet merupakan jenis masakan khas Indonesia yang sudah lama sekali diketahui oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Sebenarnya, secara fisik tidak ada yang berbeda dari nasi liwet dengan Nasi Kebuli, Nasi Goreng Jawa dan Nasi Bakar . Akan tetapi itu Masakan itu semua jelas sangat berbeda, perbedaannya adalah dari rasa dan juga kelembutan dari kedua jenis nasi ini, walaupun sama-sama menggunakan bahan dasar beras putih biasa. Apabila Anda penasaran dengan nasi liwet ini, Anda bisa berkunjung ke restoran keluarga terdekat di kota Anda, biasanya di sana terdapat menu nasi liwet yang bisa Anda coba bersama dengan keluarga Anda.



Selain Anda bisa menikmatinya di restoran keluarga di sekitar kota Anda, Anda juga bisa sekali menemukan nasi liwet ini di acara perkumpulan atau undangan di kota Anda. Biasanya, bumbu nasi liwet ini menjadi pilihan favorit karena cita rasanya yang sangat khas dan juga dapat membuat perut Anda menjadi kenyang sempurna. Untuk penyajian dari Nasi ini, biasanya disandingkan pula dengan sayur dan juga lauk pauk yang begitu tradisional. Sebab, suasana yang diberikan oleh nasi liwet ini pun sangat khas dengan Indonesia. Jadi, jangan heran jika penyajian dari nasi liwet ini menggunakan daun atau sajian tradisional lainnya.

Untuk Nasi liwet Sunda, biasanya akan Anda temukan cita rasa Nasi liwet yang lebih gurih dibandingkan dengan nasi liwet pada daerah lainnya. Sebab, memang ciri khas dari daerah sunda ini adalah rasa gurih dan pedas yang dihasilkan oleh masakannya. Oleh sebab itu, tidak heran jika Anda menemukan cita rasa yang lebih gurih dari resep nasi liwet sunda ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan lauk pendamping dari nasi liwet ini sedikit berbeda dengan nasi liwet pada daerah lainnya. Jika pada daerah lainnya Anda akan menemukan lauk pendamping seperti Ayam Goreng Kuning dan juga Olahan Tempe, sedangkan pada daerah sunda ini ada hal yang sangat menarik, yaitu petai bakar.

Di bawah ini merupakan bahan-bahan utama yang bisa Anda siapkan untuk Membuat nasi liwet
komplit.

Bahan / Bumbu :
    Bahan Utama
  • 1 kg Beras
  • Air putih secukupnya
  • 8 siung bawang putih
  • 2 batang serai lalu Anda geprek hingga berbentuk pipih
  • 5 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa, jika diperlukan
  • 150 gram Ikan asin., jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan 1 ons ikan teri
  • Setelah Anda mempersiapkan seluruh bahan-bahan utama di atas, Anda juga harus mempersiapkan bahan-bahan pendamping untuk resep nasi liwet sunda ini.
  • Pete bakar secukupnya
  • Tumis jengkol atau semur jengkol, jika Anda suka
  • Ikan yang bakar
  • Ayam yang dibakar atau digoreng
  • Tahu dan tempe goreng
  • Lalapan khas sunda seperti mentimun, kubis, selada dan lain sebagainya
  • Sambal terasi, bawang sesuai dengan selera Anda
  • Tumis Kangkung
Cara Membuat :
  1. Cucilah beras hingga bersih.
  2. Kupas bawang putih, lalu goreng hingga wangi dan kering, angkat dan tiriskan.
  3. Masukkan air dan beras ke dalam rice cooker. Masukkan air sedikit lebih banyak, agar nasi yang dihasilkan lebih lembut dan tidak keras.
  4. Setelah itu masukkan ikan asin atau ikan teri yang Anda siapkan, daun serai, daun salam, penyedap rasa jika Anda menggunakannya, garam dan juga bawang putih yang sudah digoreng tadi ke dalam rice cooker.
  5. Terakhir aduk semua bahan hingga bumbu merata. Kemudian tunggulah hingga beras tersebut matang.
  6. Nasi liwet sunda sudah bisa Anda sajikan bersama dengan bahan-bahan pendamping lainnya seperti petai bakar, ayam, ikan, dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda.
Itulah bahan-bahan dan juga cara pembuatan dari Resep Nasi Liwet Ala Sunda Komplit yang bisa Anda coba di rumah untuk sajikan makan bersama dengan keluarga Anda. Dengan begitu, Anda bisa menikmati gurihnya nasi liwet ala sunda dengan buatan Anda sendiri, juga keluarga Anda bisa menikmatinya bersama dengan Anda. Nasi liwet ini akan lebih sedap jika Anda nikmati selagi masih hangat.