Saturday, August 26, 2017

Cara Membuat Bolu Pisang Enak



Bahan / Bumbu :
    Bahan Utama:
  • 1 gelas tepung terigu
  • 4 buah pisang ambon yang telah matang
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 cup keju yang telah diparut
  • 1/3 sdt baking powder
  • 5 butir telur ayam
  • 100 gram mentega
  • Setelah mempersiapkan semua bahan yang diperlukan dalam cara membuat bolu pisang, maka langkah selanjutnya adalah tahap-tahap pembuatan dari bolu pisang tersebut. Bolu pisang ini membutuhkan lama waktu memasak sekitar 1 jam 40 menit dengan lama persiapan sekitar 30 menit. Bukan waktu yang lama untuk membuat sebuah cemilan yang sehat.
Cara Membuat :
  1. Yang pertama sekali dilakukan adalah dengan membuat adonan dengan mengocok telur bersama dengan gula sampai kedua bahan tersebut mengembang dan berwarna putih.
  2. Keju parut yang telah dipersiapkan dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama dimasukkan ke dalam adonan telur dan gula kemudian aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
  3. Pisang ambon yang telah dipersiapkan, dihaluskan terlebih dahulu dengan menggunakan garpu. Kemudian, masukkan pisang yang telah dihaluskan ke dalam adonan sambil terus diaduk agar pisang tercampur rata dengan adonan.
  4. Mentega yang telah dipersiapkan kemudian di lelehkan. Mentega cair tersebut masukkan juga ke dalam adonan sembari diaduk. Masukkan mentega cair dengan cara disebar, agar lebih mudah tercampur rata dengan adonan.
  5. Lalu, Anda bisa menyiapkan loyang yang akan digunakan. Loyang bisa Anda oleskan dengan mentega yang kemudian diberi taburan tepung terigu agar bolu tidak lengket saat diangkat.
  6. Kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan. Taburi dengan sisa keju yang telah diparut.
  7. Kemudian masukkan adonan bolu ke dalam oven, dan panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai bolu pisang matang sempurna. Cek menggunakan tusuk lidi untuk mengetahuinya. Apabila tidak ada adonan yang lengket di tusuk gigi, berarti bolu telah siap untuk di angkat.
  8. Angkat adonan dan dinginkan.
Baca Juga : Resep Pancake Sederhana Praktis Dan Mudah
Bolu pisang yang telah dingin, bisa langsung di sajikan karena bolu telah dihiasi dengan keju di atasnya. Mudah bukan Cara Membuat Bolu Pisang Enak tersebut? Anda tidak lagi bingung menggunakan pisang yang telah terlalu matang yang Anda punya. Jadikan Bolu Pisang, dan manjakan lidah anggota keluarga Anda dengan manis dan legitnya bolu pisang.

Resep Bolu Ketan Hitam



Bahan / Bumbu :
  • 50 gram tepung ketan hitam
  • 75 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 50 gram mentega kemudian lelehkan
  • 125 gram gula pasir
  • 2 butir telur utuh
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • ½ sendok teh emulsifier
Cara Membuat :
  1. Langkah pertama untuk membuat bolu ketan hitam adalah dengan mengayak tepung ketan hitam, kemudian sisihkan.
  2. Masukkan telur, gula, emulsifier dikocok. Sebaiknya kocok dengan menggunakan kecepatan tinggi sehingga adonan mengental, berwarna putih dan mengembang.
  3. Selanjutnya masukkan susu kental manis sambil dikocok hingga merata, dan turunkan kecepatan mixer pada kecepatan rendah kemudian masukkan tepung ketan hitam dan tepung terigu yang telah diayak dan aduk sebentar hingga merata.
  4. Setelah merata, tambahkan mentega yang sebelumnya telah dilelehkan demikian juga vanili bubuk dan aduklah hingga merata kali ini tidak usah menggunakan mixer, cukup menggunakan spatula.
  5. Resep bolu ketan hitam sudah hampir selesai, sekarang saatnya untuk menuang adonan pada loyang yang telah diolesi dengan mentega tipis-tipis dan juga taburan tepung terigu.
  6. Kemudian panggang adonan dalam loyang ini hingga matang, kira-kira 25 menit dan dinginkan.
  7. Dan Anda telah berhasil membuat bolu ketan hitam dengan cara dipanggang, iris-iris dengan rapi untuk menyajikan
Resep bolu ketan hitam telah selesai dibuat dan Anda bisa menyajikannya sebagai teman untuk menonton. Jika Anda rajin untuk membuat kue atau Roti Manis sendiri di rumah, maka makanan anak-anak bisa terjamin vitamin dan kualitasnya. Makanan ini selain aman dan enak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga Anda bisa memilih bahan yang terbaik untuk kesehatan dan kualitas gizi anak dan keluarga Anda.
Resep Lainnya : Resep Bolu Kukus Santan Pelangi
Setelah Anda bisa membuatnya sendiri, kini tidak usah bingung lagi apa yang mau dibawa untuk oleh-oleh saat berkunjung ke rumah teman atau ke rumah orang tua. Bahkan jika Anda sedang ada hajatan, bolu ketan hitam bisa menjadi suguhan yang sangat istimewa untuk tamu undangan Anda. Apalagi untuk Resep Bolu Ketan Hitam Sederhana ini tidak susah dan hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana. Jika tidak punya oven, Anda bisa menggunakan panci pengukus untuk membuatnya. Dan jika Anda tidak punya mixer, Anda juga bisa membuatnya tetap mengembang. Mudah bukan?